5 CM

5 cmSUMPAHHHHHH mau buat review ini kok kayak dihalang-halangi..pertama sudah nulis beberapa paragraph tiba2 komputer mati ( ga kesave lah )..abis tuh esoknya dah nulissss puanjang2 tiba2 nge hang ( kerasa banget ga dikasih ijin cerita ini ) hiksssss😦 . Tapii ngerasa rugi ga buat reviewnya..yah saya cerita singkat ga pake embel2 dan kisah perjuangan saya mau nntn ini..ga cerita kalau saya telat nntnx. ga cerita kalau saya nonton dulu baru tau ternyata film ini adaptasi novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro tahun 2005 ( ga tau selama 7 tahun saya kemana g ada di gramed kah )..uhhhh

Sinopsingkat 5 cm by ida

Film ini menceritakan 5 sahabat yang sudah bersahabat selama lebih dari 10 tahun, Genta ( Fedi Nuril ), Zafran ( Herjunot Ali )..akhirnya ku menemukan si junot lagi , Ian ( Igor Saykoji ), Arial ( ga kenal sih..tp browsing dptx nama ini Denny Sumargo ), si Cantik Riani ( Baru tau ternyata ne mantan putri fav indonesia 2008 Ralineshah orang medan. Horasss ), and adik Arial , Arinda / Dinda ( Pevita Pearce ).

Di awal kita disuguhkan cerita 5 sahabat yang pada hobby nongkrong pas weekend..and nongrkongx di rumah Arial..Si Zafran yang ngebet ma ade si Arial, Arinda senengg banget bisa ketemu arinda walaupun bentar. Lagi Asik2 nongkrong sambil liatin yg hobby makan indomie. Tercetus ide dari mulut Genta ” Guys..ngerasa bosan ga dengan kita. gimana kalau kita ga ketemuan dulu? ” genta “Iya Gue juga mau..gue mau nyelesein skripsi gue dulu..gue juga pingin lulus kayak kalian” si Ian setuju ”

Apaan sih?” Riani ga setuju dengan Ide Genta

Dan akhirnya 5 sahabat ini setuju ga ketemuan dulu selama 3 bulan, No BBM, No SMS, No Call, ( Loose Contact deh pokoknya ), dan akan ketemuan tanggal 14 Agustus yang akan di rencanakan semua Genta akan kemana mereka. Jadi selama 3 bulan ini mereka akan sibuk masing2

Ian sibuk kelarin skripsi

Zafran sibuk buat puisi dan pedekate ma Arinda yang datar

Riani sibuk dengan kerjaannya

Genta sibuk ngurusin EOx

Dan si Arial sibuk pedekate ma teman Ngegymx Indie arial

Dan akhirnya waktu yang ditunggu2 hampir tiba untuk janjian mreka ketemuan.

semua dapat sms dari Genta,,untuk ketemuan di Stasiun Senen Jam 2 tanggal 14 agustus dengan membawa berbagai perlengkapan ( arial,zafran,ian,dan riani blm tau akan kemana).

14 Agustus 2012, Stasiun Senen

Genta akhirnya ketemu Zafran dan Riani,,kemudian nyusul Arial yang bawa Arinda. Dan Ampe peluit Kereta akan pergi si Ian belum muncul juga..akhirnya Genta inisiatif untuk nunggu Ian bentar,,dan si Mas “indomie” ini akhirnya muncul sambil berlarian mengejar kereta bersama genta,,Zafran dan Arial nunggu di pintu gerbong untuk narik mereka ( seruuu jg ne adegan liat igor gendut lari2,,ternyata jantungnya kuat jg ). nb : kalau di novel g ada cerita ketinggalan keretanya ian..berarti ini tambahan skenario yah. Biar makin seruu!

Di kereta si Genta akhirnya buka suara bahwa mereka akan ke Malang ( tapi belum dikasih tau lokasi malang dimana ), yang pasti acara kita ga bakal gariinnng (kerupuk kalii). dan akan jadi hal yang paling berkesan seumur hidup kita. Setelah melalu berjam-jam perjalanan panjang dari jkt – malang pake kereta dari stasiun senen, sampai di stasiun ( ga tau nama stasiun apa ). kemudian mereka melanjutkan naik jeep ber 6….dan terhenti di antara gn.bromo dan gn. semeru.

“Teman-Teman kita akan kesana..Puncak Mahameru” Ujar Genta dengan Penuh Rasa Semangat 5 CM ( JEEF ) “Dan  yang kita perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh dari biasanya,”

Genta berkata sambil terus menatap puncak Mahameru

“mata yang akan melihat lebih lama dari biasanya” lanjut Ian

” leher yang akan lebih sering melihat ke atas” ucap Arial

“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja,”  Kata Riani dengan semangat membara

“dan hati yang akan bekerja lebih keras” Zafran seperti bersyair

“serta mulut yang selalu berdoa.” ucap Arinda dengan pelan sambil menutup kedua matanya

Akhirnya mereka sampai di Ranu Pane gerbang pendakian Mahameru-Puncak Gunung Semeru. Dan beristirahat sejenak disana, Kemudian melanjutkan perjalanan lagi dan melewati banyak berbagai rintangan dan kejadian2 kecil juga pemandangan yang indah. Dan di saat kejadian si Ian dan Zafran menyadari ke krisisan stok air mereka,,padahal jarak tempuh masih jauh untuk sampai ke puncak. Si Zafran dengan mata terpaku pada satu tempat..dan membuat Ian terbingung-bingung.

“Ple..Ple Loe Kenapa” tanya Ian dengan khawatir melihat expresi Zafran

” Ndut..kayaknya masalah air kita dah selesai” Kata Zafran dengan tetap tatapan melongo

Dan Genta akhirnya sampai di tempat Ian dan Zafran yang terdiam dan diikuti oleh Riani, Arial, dan Arinda di belakangnya

” Teman-teman selamat datang di Ranu Kumbolo – surganya Mahameru”  Genta  tersenyum menatap ranu kumbolo ( dia guide ne tau tempat-tempat disini) Dan semua teman-teman takjub sambil berlarian turun ke Ranu kumbolo ( Danau ) 5 cm ranukumbolosumpehhh keren deh disini..dan colek si yank yenk yonk di sebelah..”yank..ida mau kesini nah!” dan cuma dijawab “hmmm..”

Lanjutt akhirnya mereka memutuskan untuk break disini dan menatap lebih lama di Ranu Kumbolo.

Genta dan Ian curhat , Ian selama ini diam-diam tahu perasaan Genta ke Riani tidak sabar dengan sikap Genta yang dianggap kurang Cowok dan ada satu quote yang diucapkan Ian

“Orang yang tidak berani mengungkapkan cinta nya kepada orang lain, itu karena kecintaannya yang terlampau besar untuk dirinya sendiri.” ~ Penggalan puisi nya Zafran.

Si Riani juga curhat sama Ian mengenai perasaannya yang galau gulana

Perjalanan-perjalanan terus dimulai setelah Ranu kumbolo mereka harus melewati tanjakan yang cukup tinggi yang disebut Tanjakan Cinta 

“Mitosnya kalau Kita jalan melewati tanjakan cinta sambil terus memikirkan orang yang kita suka/sayang..nanti dia bakal jodoh kita” ujar Genta dan disambut dengan senang oleh Zafran dan Ian

“Tapi kalau kita udah naik ke tanjakan cinta,,kita ga boleh noleh ke bawah / belakang harus jalan terus”  Genta ngelanjutin penjelasan

Si Ian dan Zafran dengan semangat 45 mereka berjalan berdua menaiki tanjakan cinta sambil terus mikirin orang yang mereka sayang, Zafran-mikirin Arinda donk,,Si Ian ndut – mikirin happy salma ( sumpehh mimpix..busyeet ). Tapi dengan Bodohnya mereka sudah jalan setengah tanjakan cinta sambil terus memikirkan Arinda dan Happy salma. dari belakang si Genta memanggil mereka berdua, dan mereka menyahut sambil menoleh ke belakang..yang membuat adegan ini jadi nambah lucu ,,gokil pokoknya. Mereka tersadar

“kok kita noleh ya ple?, maka sudah setengah jalan” ian menggerutu dan menyalahkan Zafran.

Riani, Arial, Arinda yang menyadari kebodohan kedua orang itu tertawa kencang, dan Genta diam ga ngerti kenapa teman-temannya ini tertawa,,akhirnya genta menyadari panggilan dia yang ngebuat Ian dan Zafran gagal di tanjakan cinta . :))

Pemandangan terus dihidangkan di film ini di kaki mahameru , ada padang savana seperti di afrika, dan yang nyeremin juga ada di kalimati ( tempatnya gelap gitu ) berhujan abu pula..( kayaknya capeek bangett deh naik gunung beneran gini ). Di Arcopodo mereka menginap semalam disana dan genta kasih tau ke teman-temannya. Jam 9 Malam mereka harus tidur, Jam 4 mereka harus berangkat lagi menuju puncak mahameru dan ini adalah pendakian yang sebenarnya.

17 Agustus 2012 Pukul 04.00

Semua telah siap dan tidak ada yang ngebawa tas gunung yang besar, hanya tas kecil saja. semua barang ditinggal ditenda, karena kalau naik ke puncak itu sulit , berbahaya. Bawa badan sendiri aja susah apalagi naik2 ke puncak. Puncak tertinggi di Pulau Jawa. Arial yang berbadan besar, dan jago atletis eh malah tumbang duluan karena kedinginan. Genta dan teman2 semua berkeliling meluk Arial agar sedikit hangat. Nah ada yang paling bikin nyesek…waktu mereka mau naik ke puncak batu2 dan pasir kan berjatuhan yang sebelumnya Genta ngasih tau ke mereka kalau bakalan ada batu yang jatuh/ rock (kata sandi para pendaki ).  Batu-batuan terus mengelindig dari yang uk,kecil sampai yang cukup besar. Zafran dengan lincah nyelamatin Riani untuk menghindar dari batu-batu yang bergelinding . dari atas batu terus bergelinding..Arinda terkena batu di telinganya dan banyak darah keluar , Ian terkena batu di kepalanya ( adegan paling nyesek ), karena Genta buat napas buatan ( Fedi Nuril – Igor ciuman donk😦   ) dan memompa jantung ian karena tidak ada denyut jantung..berkali2 dilakukan Ian terdiam , membeku  dan semuanya menangis..

Si Zafran terpukul dan berteriak kencang “Iannnnnnnnnnnn…” Cetar membahana deh suaranya kayak ngebelah langit dan tiba2 Ian terbatuk-batuk dengan mengeluarkan banyak pasir ( wkwkkwkwkw legaaa g ada yang mati ).

Akhirnya dengan perjuangan yang cukup sulit mereka sampai di Puncak Mahameru. Gunung tertinggi di pulau jawa.

di kisah akhir film ini ada yang sedikit bikin galau.. Pas Genta menyatakan seluruhh perasaan yang dia pendam bertahun-tahun, ke riani saat mereka turun dari puncak mahameru dan menginap di Ranu Kumbolo. Ternyata Riani bukan suka Genta..tapi Zafran ( nah lho…padahal kalau diliat Riani dekat banget ma Genta ).

Zafran yang di dalam tenda mendengar tangisan pengakuan Riani..Arinda juga belum tidur dan mendengar pernyataan cinta Genta ( kayaknya Arinda ne suka Genta deh )

Beberapa tahun kemudian

Zafran dan riani married punya anak namanya Zafran junior Arial married dengan Indie Eng ing eng ini agak aneh + gokil Ian married dah married ma HAPPY SALMA juga sudah punya anak kecil gendut buntal mirip bapake dah pokoknya Genta ? Belum married ..kasian😦 tapi kayaknya bakal pedekate ma Arinda deh ( capek buat sinopsnya jadi singkat ajja yah )

Terus 5 cm itu maksudnya apa? dari quote2 mereka saat mendaki yang di maksud 5 cm itu

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, di depan kening kamu, jangan menempel. Biarkan dia menggantung, mengambang 5 sentimeter di depan kening kamu, jadi dia enggak akan pernah lepas dari mata kamu”

Dengan banyak quote yang top markotop di film ini..aku lsg browsing2 melalui kata yang kuingat ternyata ini diangkat dari novel 5 cm, dan akhirnya aku ngedownload dan baca novel ini..kalau di novel endingnya lebih detail dan endingnya cuma bedanya Genta bukan ma Arinda …Genta married sama citra ( teman sekantor riani ).

Ow  ya teman2 sekalian deh sedikit sinop singkat ( baru belajar ne buat sinops ) demam sinop korea.

Chek it out trailer yaa

JANGAN LUPA NONTON INI FILM..5 CM bukan hanya tentang persahabatan dan cinta tapi sisi nasionalisme makin terasa untuk mencintai negeri ini.

Boleh Comment Kok :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s